Sabtu, 07 Desember 2013

Cara Membuat Lifting Plan (Rencana Angkat)


Assalamualaikum,

Wah kayak nya sudah lama banget ya saya ndak posting tulisan di blog ini hehe, kali ini saya mau share sedikit tentang cara membuat lifting plan atau rencana kerja angkat yang simple.
Lifting plan dibuat sebelum dilakukan pekerjaan lifting atau pengangkatan yang menggunakan alat berat seperti TMC (Truck Mounted Crane), Mobile Crane, Tower Crane, Crawler Crane, dll (dalam contoh kasus disini saya akan ambil penggunaan crane jenis mobile crane ya).
Sebelum membuat lifting plan, ada beberapa data penting yang perlu kita siapkan yaitu :
  1. dimensi dan berat beban yang akan diangkat
  2. jenis dan kapasitas crane yang akan digunakan
  3. load chart  dari crane yang akan digunakan untuk mengetahui kapasitas angkat crane optimum pada derajat boom,panjang boom yang akan digunakan (working radius), panjang outrigger dan jarak as ke as antar crane dan beban yang akan diangkat).
  4. alat bantu angkat (lifting gear) apa saja yang akan digunakan
  5. hasil inspeksi crane dan lifting gear (untuk crane dapat dilakukan inspeksi visual,load test (untuk testing ada nya kebocoran pada hydraulic system atau tidak, ada keretakan atau kerusakan pada hook dan wire sling atau tidak, dll (mungkin nanti akan dijelaskan di page berbeda mengenai crane inspection ya teman2 hehe) jika lifting gear seperti chain block, level block, wire rope dapat dilakukan metode inspeksi NDT seperti Penetrant Test atau Magnetic Particle Inspection (MPI) untuk mengetahui ada cacat atau keretakan atau tidak.
  6.  Lokasi pengangkatan (area yang lapang atau kah ada existing facility di area tersebut)
  7.  total beban dari lifting gear yang akan digunakan
  8.  panjang webbing / wire sling yang akan digunakan
 
Setelah data – data tersebut di dapatkan, selanjutnya akan dilakukan pengolahan data untuk menentukan panjang boom yang akan digunakan, dan berat beban yang boleh di gunakan lewat load chart :
 
Jika kita mengambil contoh untuk mengangkat beban misal container atau porta cabin) dengan berat total maksimum 5 ton, kemudian kita akan menggambar nya pada program autocad untuk lebih jelasnya seperti dibawah :



Dari program autocad tersebut, kita juga bias mendapat kan berapa derajat kemiringan dari boom atau boom angle dari crane yang akan dilakukan dalam proses pekerjaan pengangkatan tersebut. Tidak hanya boom angle saja, tapi kita bias juga mendapat berapa jarak yang aman antara crane dan mobil pengangkut yang digunakan.

Contoh saya mengambil load chart untuk crane KATO kapasitas 25 Ton (yang pernah kami gunakan)  :


 Bagaimana cara membaca load chart tersebut ? berikut dibawah keterangannya ya

Setelah kita dapat menggambar rencana angkat dan bisa membaca load chart, kita juga harus menghitung lifting plan tersebut, yaitu dengan cara sebagai berikut :
  1.  kita harus mendapat data crane : misal crane yang digunakan ialah Crane KATO kapasitas 25 ton
  2.  beban total yang diangkat : (jumlah antara berat beban utama yang diangkat + berat total lifting gear yang digunakan) yang dikali kan dengan Dynamic Factor diambil dari table di samping.
  3. selanjutnya kita harus mengetahui prosentase kondisi crane yang kita gunakan dari hasil inspeksi. jika kita mengambil prosentasi kondisi crane 95 % dikarenakan dari hasil inspeksi crane dinyatakan aman, tidak ada kebocoran huydraulic dan tahun penggunan dibawah 2 tahun, maka kita akan korelasikan perhitungannya dengan beban aman yang ada dalam load chart sebagai berikut:  
    1.  kondisi crane = 95 %
    2.  berat yang diperbolehkan sesuai load chart = 7.1 ton
    3.  maka Lifting capacity = 7.1 ton x 95 % = 6.745 ton
  4. setelah itu kita harus menghitung Safety Factor untuk lifting activity ini dengan cara membagi lifting capacity dengan Total beban (total beban x DAF), Safety factor = lifting capacity / total load = 6,745 ton / 6,16 ton = 1.09
  5. jika kita mendapat lifting capacity < dari beban angkat maksimal yang diperbolehkan di load chart, maka dapat dinyatakan proses pengangkatan aman untuk dilakukan

Drawing  lifting plan (tampak samping)

Drawing  lifting plan (tampak atas)

55 komentar:

  1. Apakah bias mengangkat berat 70Ton menggunakan Tandem Crane Kobelco 120T dengan Reeving 6 lilit & Kato 55T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya ga bisa karena akan overload di crane kato, kita ambil aja safety faktornya 75% , 75% dari 70 Ton = 52.5 ton.
      cap max crane 55 ton anggaplah 55 ton * 75%

      Hapus
    2. Numpang Copas ya.... thank you.

      Hapus
    3. Ijin copPas dan pelajari. Trimakasih 👷✌

      Hapus
    4. ya sih kan sistem gandeng double crane. crane 120 ton kobelco untuk swing sedankan kato 55 ton untuk menahan ujung material yg d angkat agar dapat radius crane 120 ton. biasanya sih kaya gitu yg material panjang yg bakalan d erection doang

      Hapus
    5. Hrus dihitung dulu radius kerja ya gan
      ..kalau beban masih dalam kapasitas daya angkat pasti bisa,tapi kalau tidak bisa tipping itu crane nya.

      Hapus
    6. Gini bos, crane 55 mobil Sany

      Tapi kekuatan nya cuman hanya 27 ton,,gmna cara setting supaya bisa mencapai 40 ton..

      Hapus
    7. Untuk bisa mengangkat 40 T, coba cek pada daftar bebannya yang menunjukkan angka 40T terjadi pada radius dan panjang boom berapa. jangan lupa reeving ( phase tali ) sesuai. syarat lain kondisi crane masih layak pakai ( engine, hidrolik dan struktur crane ). tapi kalau dimensi beban besar keburu bentur body crane karena radius sangat dekat.
      ( By Solikin 081357131308 )

      Hapus
    8. kalo menurut saya praktek demikian tidak aman, secara teoritis kita berfikir bahwa beban terbesar akan ditanggung oleh crane dgn SWL terbesar. tapi pada aktualnya beban tersebut akan terbagi merata diantara kedua crane tersebut, khawatir yg SWL nya kecil akan mengalami tipping. mungkin lebih baiknya dihitung dahulu aja, selain itu juga perlu ditentukan CoG nya.

      CMIIW

      Hapus
    9. ijin bertanya, untuk lifting plan menggunakan eltric wrinch apakah ada contoh perhitungnya? dan harus apakah harus dibuatkan data data seperti diatas juga?

      Hapus
    10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. https://grabcad.com/library/lifting-study-by-various-crane-1

    BalasHapus
  3. Saya mau bertanya, akan mengankat genset berat 5 ton dari truk ke gedung , panjang/jarak yang dipindahkan 25meter, supaya aman saya harus pakai crane yang berapa ton ? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. 6.61 ton didapat dari mana? Hitungannya gimana

    BalasHapus
  5. Pak Danar, beban berat yang diangkat 5 ton + weight lifting gear + weight hook block (5000+500)=5,5 ton sementara kapasitas crane 7,1 ton dengan daya angkat crane yg 95%, daya angkat crane sudah mencapai 89%, itu sangat sangat critical belum lagi beban kejut, angin, bisa membuat crane tiping atau kolap so crane 25T tidak di anjurkan.
    Itu menurut saya pak

    BalasHapus
  6. bagaimana jika embuatnya dengan stick ice

    BalasHapus
  7. pak, bisa di beri perhitungan jika kita buat tripod dengan pipa panjang 3,7m diameter 2", pembuktian rumus bisa angkat beban berapa? (angkat bebannya dengan menggunakan takel yang dipasang diatasnya

    BalasHapus
  8. Saya mau mengangkat Flare Stack dengan berat 5 ton dan akan menggunakan spreader Bar dari H-Beam 200x200x52 dengan panjang H Beam 76 Cm. BAgaimana menghitung kekuatan Beam tersebut apakah mampu untuk mengangkat Beban dengan berat 5 ton tersebut. Terima kasih

    BalasHapus
  9. Thank you for sharing. And if you are looking for the best relocation process can make easier by our beneficial services
    Kato 25 Ton Dubai

    BalasHapus
  10. saya mau angkat balok girder bentang 25.8 m berat 35 ton, menggunakan 2 crane masing masing kapasitas 50 ton, bisa di bantu perhitungannya bos?

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum kk saya ada soal
    "Sebuah lif mengangkat 1000 kg setinggi 25 m dalam 30 s (gaya tarik bumi 9,81 m/s).berapa daya angkatnya.
    Mohon bantuan nya kk wassalammualaikum

    BalasHapus
  12. "Bila mengangkat sebuah benda yang membutuhkan lebih dari satu webbing sling, jangan menggunakan webbing sling yang berbeda panjang, warna dan SWL-nya."

    Izin bertanya pak, hal diatas tersebut akan berpengaruh kepada apa ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh beda warna dan SWL nya asal secara hitungan pas. agan harus bisa menghitung beban yg ditanggung masing2 kaki webbing. kalau nilai nya cukup terhadap SWL nya pasti aman dan gak masalah. (081357131308)

      Hapus
  13. Ass kalau mau angkat beban 15 ton berapa ton crane yg harus saya pakai ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kemampuan crane sangat dipengaruhi oleh radius ( jarak pengangkatan ), panjang boom, reeving dan kondisi crane. maka agan harus melihat daftar bebannya crane serta data pengangkatan harus diperjelas dulu ( denah lokasi penempatan beban).
      081357131308 discuss

      Hapus
    2. Gan.. punya tabel beban angkut dalam radius, crowler crane 50 ton

      Hapus
  14. setelah itu kita harus menghitung Safety Factor untuk lifting activity ini dengan cara membagi lifting capacity dengan Total beban (total beban x DAF), Safety factor = lifting capacity / total load = 6,745 ton / 6,16 ton = 1.09

    Make Google view image button visible again: https://goo.gl/DYGbub Yg saya pingin tau nilai 6,16 ton hasil dari mana ya.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sama, saya juga bingung dapat nilai itu darimana ya?

      Hapus
    2. saya pikirkan hal yang sama dari mana nilai 6,16 ton coba kasih rumus gan,.. thanks

      Hapus
  15. Terlihat jarak antara depan Crane dengan Trailer bisa diperpendek lagi menjadi 1 meter saja, kan Trailernya bisa diminta utk mundur lagi kurang lebih 2 meter. Dengan demikian Working radius jadi hanya 8 meter saja, menjadikan SWL Crane dan Safety factor lebih besar

    BalasHapus
  16. lifting plant yg anda uraikan termasuk critical lift.dalam pencarian tbb=bb+lg+bh+sf.
    ttb=total berat beban
    bb =berat beban
    lg =lifting gears
    bh =berat hook
    sf =safety factor.

    BalasHapus
  17. Gan saya mau tanya crane 120 ton angkat beban barang 20ton jaraknya 20 meter aman atau tidak,,,????

    BalasHapus
  18. Pak saya mau tanya carane 120 ton angkat beban barang 20 ton jaraknya 20 meter aman atau tidak,,,???

    BalasHapus
    Balasan
    1. crane apa ? lihat daftar beban sesuai jenis crane atau amati nilai SWL terbaca di monitor crane

      Hapus
    2. crane apa ? lihat daftar beban sesuai jenis crane atau amati nilai SWL terbaca di monitor crane

      Hapus
    3. lihat saja Load chart indikator dari Crane tersebut,nanti akan terbaca mampu atau tidak crane tersebut mengangkat.

      Hapus
  19. perhitungan lifting plan diatas itu, standardnya dari mana ya??

    BalasHapus
  20. jika kita mendapat lifting capacity < dari beban angkat maksimal yang diperbolehkan di load chart, maka dapat dinyatakan proses pengangkatan aman untuk dilakukan (apa penyayaan ini tdk terbalik)

    BalasHapus
  21. maaf ganggu dan selamat sore,saya ada pengangkatan equipment 25 Ton,rencana saya pake craine 45 Ton,apakah bisa,mohon bantuan,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek didaftar beban crane yang dipakai disesuaikan kondisi pengangkatan. Buat lifting plan nya dulu. ( 081357131308)

      Hapus
  22. dengan jarak radius 20 meter dan angel 33 derajat

    BalasHapus
  23. Pengangkatan rafter wf700 berat 10ton dg betang 45m, ketinggian angkat 15m dan radius 3-6m. Apakah dgn mobil crane/router Crane 40 ton masih bisa.

    BalasHapus
  24. Untuk crane kato NK 1000 (100) T bisa ngak untuk mengangkat beban 6.210 ton dengan ketinggian gedung 26 m dengan derajat kemiringan boom antara 74 derajat - 75 derajat. Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  25. Sesuai Load chart crane KATO NK-1000 (download di google) bahwa pada panjang boom 29,5 m dan Radius 8 meter mampu menjangkau ketinggian 28,4 meter. hitungan matematis sudut boom 75 derajat, dan SWL terbaca di chart adalah 27 Ton. Gunakan jack full extend. hitung juga total ketinggian dari sling dan beban. Dengan SWL 27 Ton, insyaallah aman. perhitungkan semua halangan dan kondisi landasan saat pengangkatan. Moga manfaat.
    ( 081357131308 )

    BalasHapus
  26. Numpang COPAS artikel sangat berguna sekali... Mantap

    BalasHapus
  27. crane kato Tipe NK 1000 dengan kap 100 T,
    berdasarkan load chart,jika tinngi gedung 26 m,maka Extensi Boom berdasarkan load chart yaitu 29.5 meter dengan radius kerja minimal 16 meter dengan kapasitas 14.1 Ton kemudian untuk radius terdekat 4.0 meter dengan panjang boom 29.5 meter, maka mampu mengangkat beban sebesar 32 Ton.jika sudut boom 75 derajat maka sesuai load chart bisa mengangkat sbesar 27 Ton. Terimakasih 081242810798

    BalasHapus
  28. Ijin nanya,apakah aman dengan SWL 30ton mengangkat beban berat net barang sebesar 27.840 kg dan berat net spreader/wire sling/webbing Sling sebesar 420 Kg. Mohon pencerahannya suhu..

    BalasHapus
  29. Secara istilah SWL 30 Ton, berarti crane memiliki kemampuan angkat aman beban saja 30 T dikurangi 420 kg. Hal itu dengan syarat kondisi landasan Rigid, jack terpasang sempurna dan kondisi crane layak pakai. Untuk lebih mengamankan, lakukan percobaan pengangkatan untuk memastikan keamanannya.
    perhatikan Posisi pengangkatan dari samping ke arah belakang.

    BalasHapus