Selasa, 11 Oktober 2011

Safety Meeting

safety meeting, mungkin banyak temen - temen yang sudah tau mengenai hal ini, namun tidak ada salah nya jika kita mengulas tentang safety meeting ini untuk sekedar merefresh dan memberi sedikit infomasi buat temen - temen yang pendatang baru di dunia HSE ini.. :) Let's roll the party...

Safety meeting merupakan suatu pertemuan yang harus dihadiri oleh semua pekerja, supervisor, engineer, foreman, HSE dan wakil management. di dunia oil & gas, baik client maupun contractor nya, safety meeting ini sendiri dapat di kategorikan kembali menjadi bagian yang termasuk di dalam nya, antara lain :

1.Toolbox safety meeting
2.Pre Job Safety Meeting
3.Weekly Safety Meeting
4.Forum Monthly Meeting

kita ulas nih satu per satu dari detail meeting ini,

1. Toolbox safety meeting 


 
Toolbox meeting merupakan pertemuan yang umumnya dilakukan pada pagi hari sebelum dimulainya pekerjaan untuk membahas apa saja kegiatan yang akan dilakukan hari ini kemudian review pekerjaan yang telah dilakukan kemarin, lalu pembagian tugas / job desc dari supervisor kepada masing2 pekerja sehingga tidak ada lagi missed saat telah bekerja di lapangan serta yang paling penting dari toolbox meeting ialah mengingatkan kembali kepada seluruh pekerja mengenai Keselamatan, Kesehatan Kerja serta Lingkungan (aspek K3L) ( dalam arti lain penyegaran mengenai safety behavior).

siapa2 saja yang ikut..

supervisor, foreman, engineer, HSE serta seluruh pekerja yang terlibat dalam pekerjaan ini.

toolbox meeting juga dapat digunakan sebagai media komunikasi untuk sharing mengenai masalah safety dan isu2 yang sedang berkembang saat ini yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilakukan dll.

untuk pelaksanaanya..

di project melakukan toolbox safety meeting setiap pagi sebelum dimulainya pekerjaan.
pendokumentasian dari setiap meeting ini sangat penting. bentuk - bentuk dokumentasi yang dapat di buat ialah seperti foto pelaksanaan, attendance list semua karyawan yang mengikuti meeting ini kemudian MOM dari meeting ini yang mengulas apa saja yang sudah dibahas kemudian siapa - siapa saja pembicaranya

selain toolbox meeting yang dilakukan setiap harinya ada juga weekly safety meeting dan forum meeting tiap bulannya.
 
2. Pre Job Safety Meeting.


Seperti di sebutkan dalam nama nya, Pre Job Safety Meeting atau biasa disingkat dengan PJSM merupakan meeting yang dilakukan sebelum dimulai nya pekerjaan di lokasi kerja (per job desc), jadi ketika toolbox meeting selesai, maka pekerja di bagi menjadi beberapa kelompok untuk beberapa pekerjaan yang berbeda, nah di lokasi pekerjaan yang berbeda - beda itulah juga di lakukan PJSM. PJSM ini merupakan salah satu elemnt dari izin kerja atau Work Permit atau biasa di sbut juga Permit to Work (PTW). PJSM ini menjelaskan semua job step dari pekerjaan yang akan dilakukan serta bahaya serta resiko apa saja yang ada dimana pekerjaan tersebut, kemudian bagaimana mengendalikan dan meminimalisir resiko bahaya tersebut sehingga tidak berbahaya lagi bagi pekerja ketika melakukan pekerjaan tersebut. Penjelasan mengenai resiko dan pengendaliannya dijelaskan melalui dokumen JSA (Job Safety Analysis) yang juga merupakan elemen dari PTW itu sendiri, termasuk di dalamnya menjelaskan dimana lokasi muster point terdekat ketika terjadi emergency condition. PJSM ini harus juga terdapat domuentasi seperti foto dan attendance list seperti pada pelaksanaan Toolbox Meeting sebelumnya.

3.Weekly Safety Meeting

Weekly Safety Meeting ini merupakan meeting mingguan yang dilakukan rutin setiap minggu dan dihadiri oleh seluruh kontraktor dan client sendiri. dalam meeting ini biasanya membahas apa saja yang telah dialami dalam minggu ini, kemudian ada kejadian apa saja, termasuk jika ada sesuatu yang dapat dijadikan lesson learns. kemudian biasanya juga ada review mengenai berapa TRR saat ini, adakah accident atau incident dalam minggu ini, isu apa saja yang sedang berkembang mengenai aspek - aspek HSE. pertemuan mingguan ini juga bertujuan untuk refreshing karyawan setelah seminggu penuh beraktifitas, biasanya juga diberikan beberapa pertanyaan seputar HSE kemudian bagi siapa yang dapat menjawab pertanyaan tersebut disediakan token atau hadiah dari Client sebagai wujud apresiasi kepedulian dari pihak karyawan mengenai HSE.

4.Forum Monthly Meeting

Seperti yang disebutkan dalam namanya, meeting ini dilakukan setiap sebulan sekali yang dihadiri oleh client dan semua wakil management dari setiap kontraktor yang bekerja di dalam area client tersebut. 

pertemuan ini membahas KPI (Key Performance Indicator) mengenai penilaian aspek - aspek HSE yang telah dilakukan selama ini sejauh apa. dari hasil ini dapat diketahui juga seberapa besar kepedulian managent kontraktor ini dalam hal HSE. beberapa hal yang jadi penilaian untuk aspek HSE seperti Permit / PTW audit, yang isi nya apakah PTW tersebut telah disusun sesuai standart dan lengkap serta implementasi nya dilapangan sudah benar atau tidak, kemudian PJSM audit, yang menilai apakah PJSM telah dilakukan dengan benar oleh pimpinan kerja setempat serta telah menjelaskan job step serta bahaya - bahaya dan pengendaliaanya seperti apa, kemudian Observation Card, kartu yang berisi mengenai mengenai safe atau unsafe action and condition yang diamati oleh seseorang yang kemudia dicatat dan di observasi oleh orang yang menulis kartu tersebut. kemudian satu lagi yang dibahas ialah ride along checklist yang membahas mengenai apakah pengemudi mobil sebelum berangkat telah melakukan pengecekan pada kondisi mobil dan semua indicator nya, ban nya juga, kemudian setelah berada di jalan apakah mematuhi rambu - rambu yang ada serta batas kecepatan maksimal berkendara dalam perusahaan dipatuhi atau tidak, semuanya dijelaskan dalam checklist tersebut.

penilaian KPI atau tingkat kepedulian manajemen dari kontraktor mengenai aspek HSE ini dapat dilihat dari berapa target mereka untuk melakukan PTW audit, PJSM audit, Observation card dan Ride along checklist yang harus diserahkan pada client serta berapa persen progress nya hingga saat ini, apakah sesuai dengan target atau malah jauh dari target tersebut.

beberapa hal lain yang biasanya dibahas adalah materi tentang HSE yang disampaikan dari kontraktor - kontraktor lain seperti apa, seperti keselamatan berkendara, keselamatan saat prosespenggalian, dll kemudian adakah lesson learn yang dapat di share pada bulan ini.



SAFETY IT STARTING FROM OURSELVES



5 komentar:

  1. http://www.topipelindungpanas.blogspot.com promosi bos

    BalasHapus
  2. Setiap perusahaan wajib melakukan toolbox meting di pagi hari.sebelum melaksanakan aktipitas kerja.untuk saling mengingat kan keselamatan dan kualitas hasil kerja.B-)

    BalasHapus
  3. Safety meeting memang sangat diperlukan apalagi di oilgas industri dimana resiko pekerjaannya tinggi.....nice info....silahkan mampir bagi yang butuh info seputar k3 di blog : http://artikel-k3.blogspot.co.id/

    Thanks

    BalasHapus
  4. Materinya bagus, mohon ijin copas sebagi referensi..
    Salam K3.

    BalasHapus